Hadiri Wisuda STIKES IST Buton, Plt Wali Kota Baubau Ajak Para Alumni Tingkatkan Kualitas Kesehatan

Hadiri Wisuda STIKES IST Buton, Plt Wali Kota Baubau Ajak Para Alumni Tingkatkan Kualitas Kesehatan

BAUBAU, FAKTASULTRA.ID – Pelaksana tugas (Plt.) Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, mengajak para alumni Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Institut Sains dan Teknologi (STIKES IST) Buton, untuk mengambil peran bersama pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan di Kota Baubau.

Hal tersebut disampaikan La Ode Ahmad Monianse melalui sambutannya, saat menghadiri Sidang Senat Terbuka STIKES IST Buton, dalam rangka Wisuda Ke-IX, Penyumpahan D-III Kebidanan dan Profesi Ners di gedung Arasalana Kelurahan Lamangga Kecamatan Murhum Kota Baubau, Sabtu (26/2/2022).

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Baubau, saya memberikan apresiasi kepada STIKES IST Buton, yang telah menyelenggarakan pendidikan tinggi di daerah ini. Sehingga menghasilkan alumni-alumni yang Insyah Allah akan menjadi solusi buat persoalan kesehatan di Kota kita ini,” ujar La Ode Ahmad Monianse.

Orang nomor satu di Kota Baubau ini berharap, agar Perguruan Tinggi melalui inovasi dan karya ilmiahnya, dapat memberikan saran dan masukan kepada pemerintah. Tentang apa yang harus dilakukan dalam mengendalikan masalah penyakit menular dan tidak menular, kesehatan ibu dan anak, serta masalah gizi.

La Ode Ahmad Monianse menambahkan, yang menjadi perhatian pemerintah Kota Baubau saat ini selain Covid-19 adalah masalah Stunting. Pasalnya, secara Nasional, Kota Baubau telah ditetapkan sebagai Locus Stunting. Yang mana, Stunting tersebut merupakan dampak dari kurangnya gizi secara kronis pada anak balita.

“Inilah salah satu persoalan yang mengancam mutu generasi kita hari ini, karena anak yang kena Stunting ini sebenarnya lebih dari setengah kapasitas hidupnya telah menurun. Jadi anak yang kena Stunting tidak bisa tumbuh secara optimal, baik pertumbuhan fisik, mental, maupun pertumbuhan otaknya,” imbuhnya.

Lebih lanjut La Ode Ahmad Monianse mengatakan, negara yang kuat memiliki persyaratan tentang kualitas generasi mudanya. Di mana, kualitas generasi muda tersebut sangat dipengaruhi beberapa hal, dan dua di antaranya ialah Pendidikan dan Kesehatan. Jika hal tersebut tidak terpenuhi, maka cita-cita untuk menjadikan Indonesia lebih maju tidak akan tercapai.

“Jadi masalah kesehatan ini memang kita memikirkannya bersama, dan saya melihat bahwa yang diwisuda hari ini sangat relevan dengan persoalan-persoalan itu. Untuk itu saya berharap, agar para alumni STIKES IST Buton ini dapat bersama pemerintah, untuk menyiapkan generasi muda Kota Baubau yang berkualitas dan unggul,” tutup La Ode Ahmad Monianse.

 

Tinggalkan Balasan